8 Keutamaan Zakat bagi Umat Muslim yang Melaksanakannya

keutamaan zakat

Keutamaan zakat tentunya sangat beragam sehingga sebagai seorang muslim kita harus melaksanakannya dan tidak boleh mengabaikannya. Zakat merupakan salah satu perintah dari Allah SWT kepada seluruh hamba-Nya. Zakat juga merupakan salah satu rukun Islam tepatnya yang ke empat.

Allah bahkan menyandingkan perintah sholat dan juga berzakat dalam Al Quran. Hal tersebut menunjukkan bahwa melaksanakan zakat termasuk amalan yang wajib dilaksanakan oleh umat muslim. Tujuannya sebagai bentuk mensucikan diri dan harta yang dimiliki dari segala keburukan.

Keutamaan Zakat yang Harus Anda Ketahui

Zakat sendiri terbagi menjadi dua bagian yaitu zakat fitrah dan zakat mal. Zakat fitrah merupakan zakat yang diwajibkan kepada seluruh umat muslim pada bulan Ramadhan. Besarnya yaitu setara dengan 2,7 kg bahan pokok, misalnya beras seperti yang ada di Indonesia.

Kemudian zakat mal merupakan zakat yang dikenakan atas jenis harta yang dimiliki dan tidak bertentangan dengan ketentuan agama sesuai dengan nishab dan haulnya. Berbeda dengan zakat fitrah, zakat mal tidak memiliki batasan waktu sehingga bisa dikeluarkan sepanjang tahun.

Zakat mal juga terbagi menjadi beberapa jenis seperti zakat penghasilan, pertanian, hasil laut, hasil temuan, emas, dan sebagainya. Setiap perintah Allah tentunya mengandung hikmah dan juga keutamaan, termasuk zakat ini. Lalu apa saja keutamaan berzakat? Berikut beberapa diantaranya:

1. Mendapatkan Rahmat Allah SWT

Keutamaan zakat yang pertama yaitu kaum muslim yang berzakat akan mendapatkan rahmat dari Allah SWT. Sehingga hidupnya akan selalu tentram dan selalu berada dalam penjagaan Allah, sesuai dalam surah At-Taubah ayat 71.

2. Membuka Pintu Rezeki

Berzakat tidak akan membuat seorang semakin miskin dan berkurang hartanya. Justru pintu rezekinya akan semakin terbuka bagi para pelakunya. Hal tersebut sesuai dengan hadits riwayat Muslim no 2588.

3. Menyuburkan Harta Zakat

Orang yang berzakat sama halnya dengan bersedekah sehingga harta yang dimiliki akan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Hartanya juga akan semakin subur, berkah, dan menjadi penyelamat ketika di akhirat kelak.

4. Sebab Turunnya Berbagai Kebaikan

Keutamaan zakat juga menjadi sebab turunnya berbagai kebaikan bagi para pelakunya. Sedangkan jika menolak berzakat maka akan membuat terhalangnya berbagai kebaikan. Karena itu agar terus mendapatkan kebaikan, maka jangan malas untuk selalu berzakat.

5. Menghapus Kesalahan dan Dosa Manusia

Sebagai manusia kita sering bahkan selalu melakukan kesalahan dan dosa. Menunaikan zakat juga mampu menghapuskan dosa dan juga kesalahan tersebut. Sebagaimana Rasulullah SAW jelaskan dalam hadits riwayat Tirmidzi No 614.

6. Menyempurnakan Keislaman dan Keimanan Manusia

Keutamaan zakat selanjutnya yaitu mampu menyempurnakan keislaman dan keimanan pelakunya. Hal tersebut tentunya menjadi hal yang sangat diimpikan oleh seluruh umat muslim di dunia.

7. Merupakan Sifat Penghuni Surga

Mengeluarkan harta untuk berzakat juga merupakan salah satu sifat orang-orang penghuni surga. Hal tersebut sesuai dengan firman Allah dalam surah Adz-Dzariyat ayat 15-19. Ayat tersebut menjelaskan bahwa siapa yang selalu menyedekahkan hartanya termasuk zakat kepada orang tidak mampu maka ia termasuk salah satu penghuni surga.

8. Terhindar dari Kikir atau Bakhil

Sebagian orang mungkin masih merasa enggan mengeluarkan zakat sebab rasa bakhil dan takut hartanya akan berkurang. Sifat tersebut tentunya sangat tidak bagus untuk manusia. Karenanya dengan rutin berzakat maka kita akan terhindar dari sifat bakhil dan kikir tersebut.

Itulah berbagai keutamaan zakat yang sangat luar biasa bagi orang-orang muslim. Setelah mengetahui berbagai manfaat tersebut, tentu tidak ada alasan lain untuk menunda untuk berzakat. Yuk segera tunaikan zakat melalui GoAmal – Beramal dengan Maksimal.

You May Also Like

About the Author: admin