Struktur Organisasi Mayora Lengkap Beserta Fungsinya

Menjadi salah satu perusahaan yang sudah memiliki banyak cabang, bahkan dikenal sampai mancanegara tentu berkaitan dengan strategi serta peran dibaliknya. Struktur organisasi Mayora berperan penting untuk mencapai keberhasilan karena kerja sama dan solid.

Struktur Organisasi Mayora Lengkap Beserta Fungsinya

Awal perkembangan dari PT. Mayora Indah Tbk. (Perseroan) pada tahun 1977 di Tangerang, dulunya membidik target market hanya pada wilayah Jakarta dan sekitarnya. Seiring berjalannya waktu menjadi semakin berkembang, berikut ini ulasan terkait struktur organisasi:

Dewan Komisaris

Memiliki perang penting yang memiliki tanggung jawab yaitu memberikan saran kepada bagian direksi dalam proses pengelolaan perusahaan. Hal tersebut mencakup perencanaan, pengembangan, operasional, tata kelola perusahaan, serta penganggaran.

Biasanya dewan komisaris ini menjalankan tugasnya dengan dibantu oleh sekretaris dan internal audit. Hal ini untuk memastikan kepatuhan pada peraturan. Sementara rapat dilakukan dewan komisaris yang bisanya berlangsung satu bulan sekali atau setiap saat jika dibutuhkan.

Dewan Direksi

Kewenangan dewan direksi sendiri adalah bertanggung jawab penuh atas pengurusan perseroan agar sesuai dengan tujuan pendiriannya. Kerja sama dalam keorganisaian menjadikan perusahaan tersebut bisa berkembang dan semakin besar sehingga dapat memenuhi kebutuhan.

Pada keorganisasian PT.Mayora, direksi dibagi menjadi beberapa bagian seperti direktur utama, pemasaran, pengembangan produk, dan manajer laboratorium. Perannya dalam hal ini cukup penting, untuk itu harus ada kerja sama yang baik antara satu dengan lainnya untuk mencapai tujuan.

Komite Audit

Jabatan ini dibentuk oleh dewan komisaris, yang memiliki tugas membantu melaksanakan kegiatan dari atasannya termasuk dalam pengendalian internal perusahaan. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi penyimpangan sehingga dapat memenuhi yang ditargetkan.

Struktur organisasi Mayora ini memiliki tugas cukup penting karena berkaitan dengan pengendalian internal perusahaan agar dapat berjalan dengan efektif. Tentunya menjadi penguat agar tidak terjadi kesalahan maupun masalah yang timbul dari dalam karena beresiko membuat perusahaan merugi.

Sekretaris Perusahaan

Tugas seorang sekretaris sendiri adalah sebagai jembatan penghubung antara pihak internal perusahaan dan eksternal, seperti investor maupun kalangan masyarakat. Pada 1977 yaitu awal pendiriannya, PT.Mayora Indah Tbk sudah memiliki 2 jabatan tersebut.

Sampai saat ini PT. Mayora dikenal menjadi salah satu perusahaan penghasil makanan yang mencakup berbagai produk baik yang manis, sereal, maupun tambahan lainnya. Perkembangan pesatnya tentu karena peranan dari struktur organisasi di dalamnya.

Demikian Struktur organisasi Mayora yang membuatnya dapat bertahan sampai saat ini. Bahkan menjadi salah satu perusahaan besar yang sudah mencapai sekitar 5 benua. Proses pendiriannya tentu melibatkan perjuangan serta kerjasama antar tim. Selain itu berkaiatan dengan pengembangan produk. Jangan heran jikalau sampai sekarang Mayora semakin berkembang dengan sangat pesat.

About the Author: admin